Keajaiban-Keajaiban Al-qur'an


1. Kehebatan Al-Qur'an 
Keajaiban-Keajaiban Al-qur'an    Al-Qur'an adalah seuah kitab suci yang dijadikan pengangan hidup dan solusi dalam memecahkan masalah kehidupan, mulai dari yang menyankut dari kehidupan manusia secara pribadi hingga pada kehidupan manusia secara sosial.

    Al-Qur'an memuat segala petunjuk yang dibutuhkan oleh manusia, Al-Qur'an merupakan kitab alllah yang paling sempurna, kesmpurnaan Al-Qur'an terletak pada isinya yang mencakup segala aspek kehidupan.

    Keajaiban Al-Qur'an dari segi isi. menurut beberapa informasi yang penting yang bisa dijadikan sebuah solusi yang terbaik bukan saja pada zaman Nabi, namun juga pada zaman ini bahkan pad zaman yang akan datang.

Al-Qur'an juga menyampaikan informasi berharga di bidang ilmu pengetahuan, ia bercerita tentang syair, gambaran keindahan surga, hal-hal yang berda di luar angkasa sebagai sumber rujukan yang akurat bagi ilmu astronomi.

Kehebatan Al-Qur'an juga terdapat pada rahasia dibalik kata-katanya, ayat-ayat Al-Qur'an memiliki sejuta hikmah, ia mempunyai semacam kesaktian yang bisa digunakan oleh manusia untuk mengatasi segala problematika hidupnya, tidak ada satupun kitab di dunia yang kehebatannnya melebihi Al-Qur'an, dan hal ini menunjukkan bahwa Al-Qur'an  bukan hanya sebuah kitab suci yang diturunkan kepada kitab nabi Muhammad, namun lebih dari itu, Al-Qur'an adalah sebuah Mukjizat.

"Pesan" Sebelum membaca bacaan yang selanjutnya, baca juga artikel mengenai "Ghibah" 


2. Keagungan Al-Qur'an

   
Dari segi manapun, tidak ada satupun kitab suci di bumi ini yang keagungannnya melebihi Al-Qur'an, dan hanya mempelajarinya kita akan mengetahui betapa Agungnya Al-Qur'an.

    Rasulullah SAW bersabda : "Allah lebih memperhatikan pembaca Al-Qur'an daripada seorang tuan yang mendengarkan nyanyian hamba wanitanya".

    Lewat hadits itulah kita bisa mengetahui hikmah yang agung dalam Al-Qur'an, dan siapapun bisa meraih sejuta hikmah tersebut dengan jalan membacanya dan atau mempelajarinya isi yang ada di dalamnya, karena sesungguhnya Allah sangat senag terhadap bacaan Al-Qur'an dan bagi yang membacanya.

a. Ahli Al-Qur'an adalah manusia terbaik di mata Allah

    rasulullah SAW bersabda, "Sebaik-baik kamu adalah seseorang yang belajar Al-Qur'an dan yang mengajak anaknya".

   Ahli Al-Qur'an adalah orang-orang yang selalu menyibukkan diri untuk mempelajari Al-Qur'an dan atau orang-orang yang selalu menyibukkan diri untuk mengajarkan Al-QUr'an kepada orang lain.

   Ketahuilah bahwa seorang yang punya peduli besar dengan Al-Qur'an hingga ia mau belajar dengan sungguh-sungguh dan mau mengajkarkannya kepada orang lain  akan memiliki keistimewaan sekaligus kedudukan yang tidak dimiliki orang lain jelas ada perbedaan  di mata Allah antara ahli Qur'an dan tidak.

b. Ahli Al-Qur.an dijadikan keluarga oleh allah
   
   rasulullah SAw bersabda : "sesungguhnya Allah memiliki keluarga diantara manusia", para sahabat bertanya, "siapakah yang menjadi keluarga Allah itu ya Rasulullah?",  Beliau menjawab, "Ahli Al-Qur'an, mereka adalah keluarga Allah dan termasuk orang-orang istimewa-nya".

Allah SWT menganggap hamba-hamba-nya yang tekun membaca Al-Qur'an dan mengajarkan ajaran yang ada di dalamnya sebagai keluarga-Nya sendiri.

Apabila seorang sudah dianggap sebagai keluarga oleh Allah, maka perhatian Allah Akan diberikan secara lebih kepadanya ketimbang terhadap orang lain yang bukan dianggap sebagai keluarga, dan apabila sudah menjadi keluarga Allah maka is akan berda didalam jaminan Allah, sehingga tidak ada makhlukpun yang mampu mencelakainya.

c. Ahli Al-Qur'an memperoleh jamina surga

   Rasulullah SAW bersabda : "sesungguhnya Allah merindukan empat glongan, pembaca Al-Qur'an, pemelihara lisan, pemberi makanan orang yang lapar, dan ahli puasa di bulan ramadhan".

   sungguh sebuah penhormatan besar apabila manusia dirindukan oleh surga, namun penghormatan itu tidak diberikan kepda sembarangan orang, hanya kepada empat golongan  manusia yang mempunyai ketentuan khusus yang akan mendapatkan penghormatan itu, dan diantaranya adalah golonga para pembaca Al-Qur'an.

selain akan dirindukan oleh surga, ahli membaca Al-Qur'an pun akan mendapatkan keistemewaan lain yakni akan dimasukkan surga lima ratus tahun lebih dulu pada orang-orang kaya yang banyak beramal ibadahnya.

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Abu Sa'id Al-kudhari meriwayatkan bahwa ia berkata:
  "Pernah ada suatu ketika aku duduk dengan sekumpulan muhajirin yang lemah, dan sungguh sebagian mereka menutupi dirinya dengan sebagian yang lain agar tidak terlihat auratnya, sedang seorang Qari' yang membacakan (Al-Qur'an) kepada kami, tiba-tiba datanglah rasulullah SAW lalu berlari diam, beliau memberi salam dan lalu bersabda, 'apa yang sedang kamu lakukan?', kami menjawab 'kami sedang mendengarkan bacaan kitab Allah', beliau bersabda 'segala puji bagi Allah yang telah menjadikan sebagian umatku orang-orang yang aku diperintahkan agar bersabar bersama mereka', Abu Sa'id Al-khudari berkata ' kemudian beliau duduk di tengah mengatur kami, beliau mengisyaratkan dengan tangannya agar kami melingkar, dan wajah kami tertujuh kepada beliau', beliau bersabda 'bergembiralah wahai kaum muhajirin yang miskin (kalian akan mendapatkan) cahaya yang sempurna pada hari kiamat, kalian akan masuk surga setengah hari lebih dahulu dari pada orang-orang kaya sedang setengah hari (Akhirat) sama dengan (lima ratus tahun perhitungan dunia)".

Allah SWT menganggap hamba-hamba-nya yang tekun membaca Al-Qur'an dan mengajarkan ajaran yang ada di dalamnya sebagai keluarga-nya sendiri.

Apabila seorang sudah dianggap sebagai keluarga oleh allah, maka perhatian Allah akan diberikan secara lebih kepadanya ketimbang terhadap orang lain yang bukan dianggap sebagai kelurga, dan apabila sudah menjadi keluarga Allah maka ia akan berada didalam jamina Allah, sehingga tidak ada satu mahlukpun yang mampu mencelakainya.  

Baca juga artikel mengenai -Adab Puasa
                                                    -Kultum Ramadhan 2014: 4 Langkah Meraih Taqwa

Rating: 4.5

Tidak ada komentar